TEMPO.COJakarta -Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional, Sigit Pramono, menilai kondisi suku bunga kredit perbankan untuk dunia usaha pada kisaran 8-9 persen sudah cukup baik. “Tapi memang tidak semuanya bisa disamaratakan,” ujar Sigit usai pelantikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Kamis, 29 Desember 2011.

Ia berpendapat penerapan tingkat suku bunga itu bisa berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan karena setiap bank memiliki permasalahan penyerapan dana pihak ketiga masing-masing. Sedangkan  Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini, menyebutkan penerapan tingkat bunga kredit juga dilihat dari risiko usaha.

“Dilihat juga risiko kreditnya, layak suku bungasingle digit atau double digit,” ujar Zulkifli.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan bahwa bank sentral sedang melakukan analisis terhadap rencana bisnis bank. Untuk mencari solusi tengahnya, bank sentral  akan melihat secara menyeluruh, baik premi risiko, biaya operasional, dan aspek lainnya.

“Akan dilihat satu per satu. Tidak hanya pengujian statistik, tapi juga lihatbenchmark  (perbandingan) di negara lain,” ujar Darmin.

DINA BERINA